Langkah-langkah Menulis Tugas Akhir (Skripsi)

TUGAS AKHIR
Karya tulis Ilmiah adalah suatu karya untuk menghasilkan ilmu pengetahuan atau sesuatu yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan dikerjakan menurut aturan atau tata cara tertentu yang telah diakui secara luas oleh para ahli sebagai metode ilmiah (Soedjono, 1992).
Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah, berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu masalah dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku dalam bidang ilmu tersebut.
Tugas Akhir (TA) adalah hasil tertulis dari pelaksanaan suatu penelitian, yang dibuat untuk pemecahan masalah tertentu dengan menggunkan kaidah-kaidah yang berlaku dalam bidang ilmu tersebut.

Kedudukan Tugas Akhir (TA) dan Skripsi
TA dan Skripsi mempunyai kedudukan yang sama dengan mata kuliah yang lain, tetapi berbeda bentuk, proses belajar mengajar dan cara penilaiannya. Bobot TA dan Skripsi ditentuka 4 SKS yang setara dengan kegiatan akademik setiap minggu 16-20 jam selama satu semester atau setara dengan kegiatan 400-500 jam.
TA dan Skripsi merupakan tugas akhir (final assigment) dengan mempertimbangkan keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Penelitian yang mendasari penulisan TA dan Skripsi ini dapat berupa penelitian dasar (basic research) atau penelitian terapan (applied research) yang didasari oleh minat intlektual mahasiswa.

Tujuan Tugas Akhir (TA) dan Skripsi
Secara umum, penelitian bertujuan untuk mengembangkan ilmu dari berbagai pengetahuan yang telah ada, serta adanya fakta dan temuan-temuan baru sehingga dapat disusun sebuah teori, konsep, hukum, kaidah atau metodologi baru yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada.
Tujuan Khususnya adalah :

I.             Ingin membuktikan teori-teori yang sudah ada
Seiring dengan perjalanan waktu ada banyak penelitian dan teori-teori lama sehingga ingin membuktikan apakah hasil penelitian atau teori yang telah ada masih cukup releven dengan keadaan saat ini.

II.          Menemukan adanya teori-teori baru atau produk yang baru
Tujuan ini dilaksanakan karena adanya tuntutan perkembang zaman atau kebutuhan yang ada. Penemuan teori atau produk yang baru akan memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Selain produk atau teori, penemuan juga dapat berupa cara, teknik atau hasil ilmu pengetahuan lainnya yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kehidupannya.

III.       Mengembangkan hasil penelitian yang sudah ada
Tujuan penelitian ini menitikberatkan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menlalui perkembangan hasil penelitian yang sudah ada akan dapat mengembangkan apa yang sudah diteliti.

Tujuan pelaksanaan Tugas Akhir adalah sebagai berikut:
1. Untuk membentuk mahasiswa yang memiliki sikap mandiri dengan mental yang kokoh.
2. Untuk membentuk mahasiswa yang mampu mengidentifikasi suatu permasalahan dalam bidang keahlian/bidang studi tertentu, merumuskan dan memecahkan secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan berbobot.
3. Mahasiswa mampu mempresentasekan dan mempertahankan hasil karya tulis dalam forum ujian lisan dihadapan dosen penguji.


PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR 

A. Bagian Depan Tugas Akhir
1.Kulit Luar
a. Untuk Ujian
Jenis kulit luar (cover) halaman depan       : Plastik Transparan
b. Setelah Ujian
Tugas Akhir dijilid lux sesuai dengan warna di yang ditentukan oleh jurusan masing-masing

2. Lembar judul
Berisi judul tugas akhir, nama, Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), Logo Lembaga, jurusan, nama lembaga dan tahun.

JUDUL,
Terdiri dari beberapa perkataan padat (diawali dengan kata perancangan, sistem, pengolahan, aplikasi, pembuatan).
Contoh:
1. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan PT. Indonesia Raya Audivisi
2. Analisa Dan Perancangan Sistem Pengisian Formulir Rencana Studi Secara Online Di Stimik Perbanas
3. Analisa Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Pengurai Kalimat Berbasis Linguistic
4. Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMU Negeri 13
5. Analisis Sistem Keamanan Jaringan Hot-Spot
6. Analisis Sistem Perancangan Pemasaran Dan Pemesanan Online Pada PT X
7. Aplikasi “Web Traffic Engineering”
8. Aplikasi Akuntansi Perhitungan Pajak Tahunan
9. Aplikasi Text To Speech (TTS) Berbahasa Indonesia Sebagai Pembaca SMS

3. Spesifikasi Tugas Akhir
Lembar persetujuan dari dosen pembimbing dan ketua jurusan masing-masing mengenai judul Tugas Akhir, fokus kajian, tanggal dimulai dan tanggal selesai.
4. Lembar persetujuan
Lembar persetujuan untuk pengajuan mengikuti ujian Tugas Akhir oleh tim penguji dan Ketua Jurusan

5. Lembar Pengesahan
Bahwa telah dilakukan ujian Tugas Akhir oleh tim penguji dan Ketua Jurusan.

6. Lembar Pernyataan
Lembar untuk menyatakan bahwa Tugas Akhir yang dibuat adalah benar merupakan karya tulis sendiri.

7. ABSTRAK:
Berisi hasil pengamatan selama melaksanakan PKL, terutama menyangkut permasalahan yang dihadapi oleh pihak perusahaan/instansi. Hal-hal apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut secara singkat dan padat.Dandijelaskan pula kesimpulan yang didapat dan saran yang akan diberikan. Dari abstrak pembaca dapat mengetahui keseluruhan hasil PKL (isi tugas akhir). Diketik/ditulis dalam 1 spasi.

8. KATA PENGANTAR:
Maksimum 2 halaman, terdiri dari alinea-alinea sebagai berikut:
Alinea 1: Ucapan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Alinea 2: Penjelasasan tentang tujuan penulisan karya ilmiah (TA).
Alinea 3: Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terkait secara melembaga.
Alinea 4: Harapan, kritik dan saran dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
Alinea 5: Kalimat Penutup
Alinea 6: Dibagian kanan bawah: Tempat, tanggal, bulan  dan tahun penyusunan, serta nama dan NPM penyusun

9. DAFTAR ISI:
Merupakan bagian-bagian dari laporan dan dapat melihat hubungan yang terjadi antara satu bagian dengan bagian lain. Berisi judul dari masing-masing bab, sub- bab dan seterusnya.

10. DAFTAR GAMBAR DAN TABEL:
Daftar ini dibuat sesuai dengan kebutuhan. Daftar dibuat bila jumlah gambar atau tabel lebih dari 10, dan tidak perlu dibuat bila kurang dari 10 buah.


B. Bagian Isi Tugas Akhir
BAB 1 PENDAHULUAN:
1.1.Latar belakang masalah: menunjukkan gambaran permasalahan dan mengapa tertarik untuk mengambil topik ini. Contoh judul: Sistem Informasi Perpustakaan AMIK MBP Medan, jelaskan secara ringkas aktivitas yang ada di AMIK MBP, jelaskan secara singkat jumlah mahasiswa, jumlah dosen, jumlah kunjungan dan transaksi perpustakaan. Jelaskan juga proses yang terjadi di perpustakaan, seperti pendaftaran sebagai anggota, proses peminjaman/pengembalian dan pembuatan laporan yang sedang berjalan. Dari uraian yang dibuat temukan akar permasalahan yang terjadi yang menjadi kendala dan jelaskan solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan.
1.2.Rumusan masalah: Pada bagian ini menjelaskan hasil identifikasi permasalahan, yang diperoleh dari latar belakang masalah. Untuk merumuskan masalah dapat dibuat dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan. Contoh:
Bagaimana proses pengolahan keanggotaan perpustakaan di AMIK MBP Medan dapat dilakukan dengan mudah.
Bagaima proses transaksi peminjaman/pengembalian buku dapat dilakukan dengan mudah.
Bagaimana pembuatan laporan peminjaman/pengembalian dapat dilakukan dengan mudah.
1.3.Batasan masalah: pada bagian ini menjelaskan ruang lingkup pembahasan yang dilakukan. Contoh:
Proses pengolahan keanggotaan perpustakaan di AMIK MBP Medan.
Proses transaksi peminjaman/pengembalian buku.
Pembuatan laporan peminjaman/pengembalian buku.
1.4.Tujuan dan manfaat studi:
Tujuan: Jelaskan tujuan penulisan karya ilmiah Tugas Akhir yang berkaitan dengan judul dan latar belakang masalah.
Contoh:
Untuk membangun sebuah sistem informasi perpustakaan di AMIK MBP Medan yang dapat menangani keanggotaan, transaksi peminjaman/pengembalian dan pembuatan laporan.
Manfaat: Jelaskan manfaat karya ilmiah Tugas Akhir yang berkaitan dengan judul dan latar belakang masalah setelah rumusan masalah tersebut dicapai.
Contoh:

Agar penanganan keanggotaan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Supaya proses transaksi peminjaman/pengembalian buku dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Supaya informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan mudah dan cepat
1.5.Sistematika penulisan: berisi tahapan yang ada dalam tulisan, dibuat secara jelas dan lengkap.


BAB 2 LANDASAN TEORI
2.1.Landasan Teori
Bagian ini berisi uraian tentang landasan teori yang relevan dengan masalah/objek yang dibahas dalam Tugas Akhir. Menguraikan pendapat orang lain yang berkaitan dengan materi pembahasan dalam rangka mencari solusinya.
Bagian teori tidak dalam bentuk defenisi saja, tetapi diuraikan secara lengkap tentang materi yang memiliki relevansi dengan permasalahan yang dikaji sesuai dengan ruang lingkup yang telah ditentukan.
Pendapat orang lain dapat diperoleh dari berbagai sumber informasi/data, seperti text book, majalah ilmiah atau internet. Sumber pendapat tersebut harus dinyatakan dengan jelas pada tulisan sesuai dengan teknik pengutipan.
2.2.Konseptual  
Bagian ini berisi tentang konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji dalam mencari solusi. Secara konsep dijelaskan langkah-langkah yang ditempuh untuk pemecahan masalah. Dinyatakan dengan jelas prinsip-prinsip yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang dipilih.

BAB 3 SISTEM INFORMASI (TEMPAT PKL)
Bagian ini berisi tentang informasi umum yang telah ada pada suatu perusahaan/institusi.
3.1.Gambaran Umum Perusahaan
Dalam hal ini uraikan gambaran umum tentang hal yang dilakukan. Bila topik yang dipilih berada pada suatu perusahaan, maka uraikan secara singkat tentang perusahaan (tempat PKL), jelaskan tugas pokok dari perusahaan tersebut hingga diperoleh gambaran tentang topik yang anda pilih sebagai Judul Tugas Akhir. Jika judul tugas akhir yang anda buat menyangkut Pembuatan Perangkat Lunak yang tidak berhubungan dengan perusahaan, maka judul bagian ini dapat anda buat Gambaran Umum Sistem…
3.1.1.Struktur organisasi Perusahaan
Bagian ini menguraikan hubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain dan jelaskan fungsi dan tugas-tugas pokok dari setiap bagian.
3.1.2.Sistem Informasi Perusahaan
Bagian ini berisi kondisi sistem informasi yang telah ada pada suatu perusahaan.Bagian ini juga berisi identifikasi dan analisis masalah sebagai dasar untuk melakukan tahapan berikutnya.
1. Identifikasi masalah
Identifikasikan/jelaskan permasalahan yang ditemukan pada sistem yang sedang berjalan.
Contoh:
– Sulitnya mendapatkan informasi transaksi peminjaman/pengembalian buku pada perpustakaan AMIK MBP Medan.
– Sulitnya mendapatkan informasi buku yang paling banyak dipinjamkan.
– Sulitnya mendapatkan informasi buku yang sedang dipinjamkan.
b.  Analisis masalah
Menjelaskan kenapa terjadi permasalahan dan solusi permasalahan (pemecahan masalah).
Contoh :
Setiap transaksi harus dilakukan rekapitulasi dari buku transaksi untuk itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang berbasis komputer.
3.2.Pengumpulan data
Jelaskan cara pengumpulan data yang dibutuhkan. Data dikumpulkan menggunakan cara tertentu sesuai dengan masalah yang dibahas. Juga dicantumkan waktu kegiatan dilaksanakan.


BAB 4 PERANCANGAN SISTEM….
Dalam hal ini nama bab disesuaikan dengan topik yang dibahas. Pembahasan yang dimaksud harus disesuaikan dengan kemampuan dan waktu studi mahasiswa pada program pendidikan Diploma-3.
4.1 Diagram Alir Data
Bagian ini menjelaskan/menggambarkan arus data yang masuk kedalam sistem informasi, proses dan output yang dihasilkan.
4.2 Basis Data (Data Base) dan Relasi antar Tabel
Bagian ini menjelaskan database dan struktul tabel yang digunakan untuk menyimpan data serta hubungan masing-masing tabel.
4.3 Desain Antar Muka
4.3.1 Menu Utama
Bagian ini menjelaskan /menggambarkan desain menu utama sistem informasi yang akan dibuat.
4.3.2 Masukan (input)
Bagian ini menjelaskan/menggambarkan desain input data pada sistem informasi  yang akan dibuat.
4.3.3 Keluaran (output)
Bagian ini menjelaskan/menggambarkan desain output data pada sistem informasi yang akan dibuat.
4.4 Diagram Alir (Flow Chart) Program
Bagian ini menjelaskan/menggambarkan diagram alir dari suatu program.
4.5 Program Pengkodean (Listing/Cooding Program)
Bagian ini adalah program pengkodean yang digunakan untuk membangun sistem informasi.
4.6 Hasil Program
Bagian ini adalah menampilkan hasil program yang diinginkan terutama untuk mengatasi permasalahan sesuai dengan perumusan masalah.
4.7 Spesifikasi Program
Bagian ini menjelaskan spesifikasi program yang digunakan saat implementasi yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat manusia.
4.8 Prosedur Penggunaan Program
Bagian ini menjelaskan penggunaan program secara manual.


BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan, bagian ini menjelaskan kesimpulan yang diperoleh dengan adanya sistem informasi. Penjelasan dapat dibuat berkaitan dengan jawaban rumusan masalah. Kemungkinan dapat terjadi kesalahan atau penyimpangan, jelaskan apa penyebabnya dan bagaimana penanggulangannya.
5.2 Saran, menjelaskan saran-saran yang diharapkan terhadap penggunaan sistem informasi demi kenyamanan pemakaian sistem dan demi pengembangan sistem dikemudian hari.

C. Bagian Belakang


DAFTAR PUSTAKA
Bagian ini adalah untuk mencantumkan semua Referensi yang digunakan,text book, majalah ilmiah, website-internet dan lain-lain. Gelar akademik pengarang tidak perlu dicantumkan.
Formatnya sebagai berikut:
Nama pengarang (diawali nama keluarga),Judul Buku,Edisi, Penerbit, Kota terbit, Tahun terbit
Jarak pengetikan antara buku/referensi yang satu dengan yang lain, 2 spasi. Bila penulisan satu referensi lebih dari satu baris, maka untuk baris berikutnya diberi tab 10 spasi, dan pengetikannya dalam satu spasi.
PENULISAN TUGAS AKHIR
A. Format Kertas
a. Jenis kertas/berat              : HVS/80 gr
b. Ukuran                                          : Kwarto
c. Margin Kiri                                    : 4,0 cm
d. Margin Atas                                  : 3,0 cm
e. Margin Kanan                   : 2,5 cm
f. Margin Bawah                   : 2,5 cm

B. Pengetikan
Naskah/teks diketik dalam spasi ganda atau 2 spasi, tetapi untuk Listing Program diketik dalam satu spasi. Huruf miring (italic) digunakan untuk penulisan istilah asing.Huruf tebal (bold) untuk menegaskan istilah tertentu dan untuk menuliskan judul buku, bab, sub bab. Dalam pengetikan ditentukan jenis dan ukuran huruf:

1. 1.      Jenis huruf (font)                                          : Times New Roman
2. 2.      Ukuran huruf (font size),
1. a.                  naskah                                                            : 12 (cetak normal)
2. b.                  Judul bab dan sub bab                     : 12  (cetak tebal/bold)
3. 3.      Spasi, 
1. a.      Naskah (teks) normal                         : 2,0 spasi
2. b.      Program, kutipan >3, abstrak           : 1,0 spasi
3. 4.      Model penulisan rata kanan dan rata kiri, tab 6 karakter(1cm)
4. 5.      Jarak pengetikan
1. a.                  Judul bab dengan teks/ sub-judul   : 4 spasi
2. b.                  Alinea dengan alinea                                     : 3 spasi
3. c.                   Sub-bab dengan alinea                                 : 2 spasi


Penomoran  Bab dan sub bab
Nomor bab,  menggunakan angka biasa 1, 2, 3 dst yang ditempatkan ditengah pada baris pertama. Nomor sub-bab, menggunakan angka yang ditempatkan paling kiri sesuai dengan tingkatannya atau bagiannya (perhatikan format TA).

3. Penomoran halaman, dilakukan sebagai berikut;
1. a.      Penomoran halaman pada bagian depan ditulis dengan angka Rumawi kecil i, ii, iii, iv dst.
2. b.      Penomoran halaman pada bagian isi ditulis dengan angka 1, 2, 3 dst.
3. c.       Posisi nomor halaman pada halaman bab diletakkan pada bagian bawah tengah 1,5 cm dari bawah, sedangkan halaman naskah lanjutan diletakkan pada bagian atas kanan 1,5 cm dari atas dan 2,5 cm dari kanan.
4. d.      Penomoran halaman pada daftar Pustaka merupakan sambungan dari penomoran halaman pada bagian isi.
5. e.       Khusus halaman Lampiran tidak diberi nomor halaman, tetapi harus diberi nomor lampiran.



1. Cara Penulisan kutipan
Kutipan dibuat sesuai dengan teks aslinya dan diketik dalam 2 spasi jika kutipan ≤ 3 baris, jika lebih dari 3 baris di buat 1 spasi. Kutipan dibuat dengan mencantumkan nama pengarang (tahun terbit: no. halaman).

5. Penomoran Gambar dan Tabel
1. 1.      Penomoran gambar diletakkan di bagian bawah gambar posisi tengah (centring). Nomor dimulai dengan angka nomor BAB, dan nomor urut gambar pada BAB tersebut.
Contoh:
1. 2.      Penomoran Tabel diletakkan dibagian atas tabel posisi kiri, nomor dimulai dengan angka BAB dan nomor urut tabel pada BAB tersebut.




0 Response to "Langkah-langkah Menulis Tugas Akhir (Skripsi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel